Kunjungan Kerja Kadis Kehutanan Sulteng di KPH Pogogul

Dalam rangka mengawal peralihan pelaksanaan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di Kabupaten Buol, Dr. Ir. H. Nahardi, MM. selaku Kepala Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah melakukan kunjungan kerja ke UPT. KPH Pogogul. Kunjungan kerja yang dilakukan pada tanggal 2-3 Februari 2017 ini merupakan kunjungan kerja yang pertama kalinya setelah kewenangan pengelolaan KPH Pogogul dari Pemerintah Kabupaten Buol beralih ke Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Mengawali kegiatan kunjungan kerjanya, Kadis Kehutanan Sulteg bersama dengan jajaran UPT. KPH melakukan pertemuan dengan Plt. Bupati Buol untuk berkoordinasi mengenai tindak lanjut serah terima personel, pendanaan, sarana dan prasarana serta Dokumen (P3D) urusan pemerintah bidang kehutanan dari Pemerintah Kabupaten Buol ke Pemerinta Provinsi Sulawesi Tengah.

Usai melakukan pertemuan dengan Plt. Bupati Buol, selanjutnya  Dr. Ir. H. Nahardi, MM mengunjungi Kantor UPT. KPH Pogogul di Desa Rante Maranu Kecamatan Kecamatan Bukal, sekaligus melakukan pertemuan dan memberikan arahan kepada seluruh pegawai UPT. KPH Pogogul.

Sebagaimana diketahui bahwa UPT. KPH Pogogul merupakan salah satu unit pelaksana teknis yang secara struktural berada di bawah Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. UPT. KPH Pogogul memiliki tugas pokok melaksanakan kegiatan operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang Dinas di bidang pengelolaan Kesatuan Pengelolaan Hutan.

Keberadaan KPH Pogogul dalam struktur Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, secara efektif berlaku sejak Januari 2017. Pada kurun waktu sebelumnya, pelaksanaan KPH Pogogul berada di bawah struktur Pemerintah Kabupaten Buol (tahun 2012 – 2016).

Peralihan pelaksanaan KPH Pogogul di atas merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, dimana kehutanan merupakan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang dibagi antara pemerintah pusat dan daerah provinsi. Berdasarkan kebijakan ini, pada 14 Oktober 2016 dilakukan serah terima personel, pendanaan, sarana dan prasarana serta Dokumen (P3D) pada urusan pemerintah bidang kehutanan dari Pemerintah Kabupaten Buol ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.