KPH Pogogul Menggelar Sosialisasi Penyiapan Kawasan Perhutanan Sosial

Dalam rangka meningkatkan luas hutan yang dikelola oleh masyarakat, Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan Pogogul- Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah (KPH Pogogul) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Perhutanan Sosial.

Kegiatan sosialisasi Perhutanan Sosial yang dilakukan pada tanggal 29 Oktober 2018 tersebut dilaksanakan di Desa Inalatan Kecamatan Bunobogu Kabupaten Buol.

Hadir dalam kegiatan tersebut peserta sosialisasi dari dua desa, yaitu Desa Inalatan dan Desa Domag. Peserta sosialisasi terdiri dari aparat desa dan tokoh masyarakat serta para pihak terkait, yang merupakan perwakilan dari masyarakat desanya masing-masing . Pada kegiatan tersebut, hadir juga Kepala KPH, para Pejabat KPH, Personil Resort dan Penyuluh Kehutanan lingkup KPH Pogogul.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Kepala KPH Pogogul, disampaikan bahwa Fakta di lapangan menunjukan bahwa di dalam kawasan hutan terdapat masyarakat yang melakukan usaha pertanian. Jika tidak ada penanganan terhadap permasalahan ini, maka tujuan menuju pengelolaan hutan lestari akan sulit tercapai.

Untuk meminimalkan kekhawatiran di atas, serta dalam upaya penciptaan pengelolaan hutan yang berkeadilan, KPH Pogogul mendorong pembangunan perhutanan sosial melalui pemberian areal hak pengelolaan lahan hutan, dengan mengakomodir secara optimal peran masyarakat dalam mengelola sumberdaya hutan.

Perhutanan Sosial merupakan bagian dari pembangunan desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia, serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Berdasarkan Peta Indikatif Areal Perhutanan Sosial (PIAPS) Tahun 2017, sebaran indikatif areal perhutanan sosial pada wilayah KPH Pogogul seluas 2.112 ha, dengan rincian pada hutan produksi seluas 1.181 ha dan hutan produksi terbatas seluas 931 ha. Secara administratif, sebaran tersebut terletak di Kecamatan Gadung seluas 186 ha, Kecamatan Lakea seluas 124 ha, dan Kecamatan Tiloan seluas 1.802 ha.

Sedangkan capaian luas perhutanan sosial di wilayah KPH Pogogul yang telah mendapat SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini telah melebihi luasan PIAPS. Izin Perhutanan Sosial ini berupa Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD) sebanyak 14 izin atau seluas 5.360 ha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *