Beragam Manfaat Hutan Bagi Kehidupan

Hutan adalah suatu wilayah berisi antara lain pohon dan tumbuhan lainnya, yang menempati daerah yang cukup luas. Pohon sendiri adalah tumbuhan cukup tinggi dengan masa hidup bertahun-tahun.  Pohon memiliki sebatang pokok tegak berkayu yang cukup panjang dan bentuk tajuk (mahkota daun) yang jelas.  Suatu kumpulan pepohonan dianggap hutan jika mampu menciptakan iklim dan kondisi lingkungan yang khas setempat, yang berbeda daripada daerah di luarnya. Selain pepohonan, di dalam hutan juga terdapat berbagai tumbuhan, satwa dan beraneka unsur tak hidup lain termasuk bagian-bagian penyusun yang tidak terpisahkan dari hutan

Hutan menyediakan udara bersih. Udara terasa segar karena oksigen yang dihasilkan oleh pepohonan yang ada di dalam hutan. Pepohonan di dalam hutan juga menyerap karbondioksida yang berbahaya apabila dihirup secara berlebih oleh manusia. Dengan adanya hutan maka udara di bumi menjadi bersih dan segar.

Hutan menyediakan sumber air bersih. Pohon sendiri adalah tumbuhan cukup tinggi dengan masa hidup bertahun-tahun.  Pohon memiliki sebatang pokok tegak berkayu yang cukup panjang dan bentuk tajuk (mahkota daun) yang jelas. Suatu kumpulan pepohonan dianggap hutan jika mampu menciptakan iklim dan kondisi lingkungan yang khas setempat, yang berbeda daripada daerah di luarnya.

Selain pepohonan, di dalam hutan juga terdapat berbagai tumbuhan, satwa dan beraneka unsur tak hidup lain termasuk bagian-bagian penyusun yang tidak terpisahkan dari hutan.

Hutan mencegah banjir dan erosi. Akar-akar pohon di hutan dapat menyimpan air di saat kemarau dan mencegah banjir pada musim penghujan. Akibatnya banjir dan tanah longsor dapat dikendalikan.

Hutan menahan masuknya air laut ke daratan. Di daerah pesisir, hutan menahan masuknya air asin ke daratan. Ini sangat penting untuk mendukung usaha pertanian di daerah  pantai

Hutan sebagai tempat hidup satwa. Hutan merupakan tempat hidup beragam satwa liar seperti anoa, babi rusa dan berbagai jenis burung. Satwa-satwa ini berperan dalam penyebaran biji tumbuhan dan meremajakan hutan.

Hutan Menyediakan Hasil Hutan Kayu & Bukan Kayu. Hutan menyediakan hasil hutan berupa kayu dan bukan kayu seperti buah, biji, pandan, rotan, damar dan madu. Pandan misalnya, biasa dimanfaatkan untuk membuat anyaman tikar dan bakul.

Hutan Sebagai Sumber Pangan. Hutan menyediakan makanan bagi masyarakat sekitar yang meliputi sumber protein, bermacam buah dan biji. Ikan di sungai dan danau sekitar hutan juga membantu pemenuhan kebutuhan protein hewani masyarakat.

Hutan Menghasilkan Obat-Obatan. Hutan merupakan penghasil berbagai jenis tumbuh-tumbuhan obat, misalnya seperti jahe-jahean (Zingerberacea), dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *